Sunday, March 23, 2008

Pennylane Brownies

Brownies, kue bantat yang banyak penggemarnya. Manis, berisi kacang dan coklat. Sekarang bisa dijumpai berbagai macam ragam brownies. Brownies kukus, brownies keju, cream cheese bahkan dengna peanut butter.

Membuat brownies tidak sesulit membuat cake yang memerlukan berbagai macam bahan juga peralatan. Kadang brownies dibuat tanpa alat pengocok elektrik. Hanya memerlukan whisk saja. Nah karena kemudahan ini, saya selalu mencari resep brownies yang kita suka. Yang selalu dicari adalah brownies yang fudgy dan crunchy di luar.

Selama ini resep Pennylane Brownies jadi andalan saya. Selain rasanya yang legit, cakenya moist didalam dan crunchy diluar. Kadang saya tidak lagi menambahkan coklat chips karena rasanya yang sudah manis. Tapi untuk kacang, pasti akan selalu ada di brownies ini. Kacangnya nya pun bisa macam-macam tergantung keadaan lemari dapur.:D

Photobucket

Resep brownies ini saya dapat dari sebuah milis masak, dan disebarkan oleh si empunya resepnya, Riana. Sekarang resepnya sudah dibukukan dan bisa dibeli diberbagai toko buku. Riana, pemilik blog masak yang dikemas secara apik dengan foto-foto menggugah selera makan. Menjadi salah satu inspirasi dalam pencarian resep.

Pennylane Brownies - Killer Brownies

Bahan:

4 btr telur
450 gr gula pasir
225 gr minyak goreng
60 gr coklat bubuk
210 gr tepung terigu
1/2 sdt garam
1 sdt vanilla bubuk
120 gr kenari
85 gr chocolate chips

Cara membuat:

- Alasi loyang dengan kertas roti dan olesi mentega. Panaskan oven 180 derajat Celcius.
- Campur coklat bubuk, terigu dan vanilla bubuk.
- Kocok telur dan gula sampai mengembang dan butiran gula menjadi lebih halus. Masukkan garam, kocok lagi hingga rata.
- Matikan mixer, ayakkan campuran tepung ke dalam adonan telur, aduk rata. Masukkan minyak goreng, aduk rata.
- Masukkan kenari dan chocolate chips, aduk rata.
- Tuang adonan ke loyang, panggang kurang lebih 35 menit. Tes dengan tusuk gigi/lidi bersih.
- Dinginkan sebelum dikeluarkan dari loyang dan dipotong-potong.

Sumber : 18 Cake & Cookies Favorit Step by Step + Jurus-jurus Jitu by Fatmah Bahalwan & Tim NCC

Photobucket

Brownies ini memang manis, karena gulanya yang banyak. Bila tidak suka manis, bisa mengurangi gulanya. Atau tidak memasukan coklat chips kedalam adonan browniesnya. Dalam memanggang, bila sudah keliatan beretak dipermukaan kue langsung keluarkan dari dalam oven. Karena jika kita melakukan tes tusuk, tusuk gigi atau tusuk satenya akan terlihat adonan yang masih cair. Nah itu adalah coklat yang meleleh atau gula yang meleleh yang nantinya akan membeku setelah kue dikeluarkan dari oven.

Saya membuat brownies ini memakai loyang kotak 20 cm x 20 cm untuk setenah resep. Jadi untuk satu resep diatas, dilakukan dua kali pemanggangan.

13 comments:

A. Ann said...

Yuhuuuuu...brownies. Ngangenin. mantep deh..

Dwiana P said...

jadi pengen bikin brownis lagi nih say. pengen juga coba ini. habis look yummy banget!

Sheila said...

Say, gue udah lama nyimpen resep ini di file gue. Tapi kok ya gak pede bikin. Gue tuh selalu gagal kalo bikin brownies. Lucu kan? Padahal brownies kan hasil dari cake yg gagal...hehehe. Laen kali pengen bikin aaahhh.

Ngomong2, kalo mau bikin blogroll updates, elo klik aja di www.google.com/reader . Di situ bakal dijelasin caranya kok.

Unknown said...

bener2 deh ini...yg crunchy2...aku belon boleh makan...menderitaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa...hehehe...sisain buat aku yah

A.G said...

pgn bikin cake yg gagal jg hihi...
itu resepnya persis ya.. ntar tak kopas lagi hahaha... :)

Elsye said...

to Anne : hihihi emberr Ne....kapan masak lagi say

to Dwi : ayoo coba Dwii....endang b oww..:D

to sheila : wakakaka, bikin dong..:P, thanks say gue udah masuk ke google readers..

to rita : sippppp tar aku sisainn...qiqiqi

to ayin : Yin, sipp sipp tinggal copas kok..hahahha.

Rita Sella said...

kapan hari ngegigit yang di flickr... sekarang yang di blogspot...yummm
beautiful crack diatas browniesnya tuh

Loverock_MD said...

wah browniesnya menggoda ni mb..

Elsye said...

to mbak Rita : hihih he eh nih brownies emang killer..:P

to Ijal : thanks Ijal udah mampir :D salam kenal

Dita said...

Sye...buat gue resep ini juga terlalu manis. Kirain gue doang yg ngrasain. Makanya pas kedua kali bikin, gula gue kurangin :).

Elsye said...

yoiii DIt, emang manis :P..makanya gue juga jarangbow bikinnya..bisa kehabisan gula..:P

Sheila said...

Gue udah bikin loh. Cuma bikin 1/2 resep, soalnya takut gagal. Eh, gak taunya berhasil. Cihuuuuyy. Gulanya emang gue kurangin, El. Kebayang bakalan terlalu manis deh.

indra said...

mbak, aku coba bikin kok dalemnya kayak bantat bgt ya? masih basah gitu..jadi waktu dipotong ya susah.
padahal atasnya udah pecah. oh ya, aku kocok pake mixer 15 menit.
pake choco chip, pake oven tangkring yg dialas pasir.
trus ngovennya malah 45 menit karna 5 menit masih basah.
napa ya mbak? apa emang gitu teksturnya?
makasih yaa